Tuesday, October 7, 2014

Beyond The Shutter Click: Fotografi Tidak Hanya Sekadar Jepret

"Fotografi Itu Tidak Hanya Sekadar Jepret"
~AdiAgastya~
Kata-kata sederhana dari seorang yang mengabdikan diri di bidang grafis.
Awalnya saya tidak percaya.
Tapi itu benar adanya.
Video observasi di SLB C Singaraja mengingatkan saya akan sepenggal cerita sore di utara Pulau
Ketika kawan saya sang fotografer rela menghabiskan waktu dan tenaga datang dari Tabanan
menuju utara pulau ini menunggu malam tiba hanya untuk menangkap
gambar dari secerca bintang di langit utara, "Sing ngelah gae ci dig?"
Saat itu, 8 September 2014, pukul 17.00 saya mengantarkan Gudig menuju eks pelabuhan.
Sembari menunggu bintang, sang fotografer mengeluarkan tripod dari wadahnya.
Kamera Nikon nya diletakkan di atas nya, menunggu air pantai untuk tenang.
Saat itu saya duduk termenung, melihat adik-adik kecil menghabiskan sore bermain bola di parkiran.
Mereka menendang bola, diujung lapangan sang kiper telah menanti untuk menepis tendangan kawannya.
Mereka berlari, berlari dan berlari hanya untuk menjaga bola agar tetap melekat di kaki.
Bak penari yang sedang menari, kaki-kaki mereka lincah, bergantian menyentuh bola.
Salah seorang dari mereka mencuri perhatian.
Entah kenapa dia hanya menggerak-gerakan mulutnya tanpa sepatah katapun terujar.
Teman-temannya menggerak-gerakkan tubuhnya,
seakan hanya gerakan tubuh yang mampu membuatnya mengerti.
"Bahasa isyarat" pikirku.
Sebenarnya saya tidak layak menarik kesimpulan, tapi adik kecil tanpa baju dalam potret di atas...
Tuhan sepertinya memberikan jalan hidup lain baginya.
Tuhan membatasi salah satu inderanya.
Tuhan mungkin membatasinya untuk berbicara.
Meski ia tak mampu mendengar apapun.
Meski ia hidup dalam keheningan, namun yang saya yakini, suara dalam hatinya membisiki sang Tuna Rungu,
"Teruslah berlari, kawan. Menarilah tanpa lelah, karena tak seorangpun bisa menyuruhmu untuk berhenti"
Semoga potret di atas tidak hanya sekadar "jepretan"
Semoga "jepretan" saya ini mampu menggugah hati Anda untuk ikut mendoakan adik kecil ini

#LOKAHSAMASTAHSUKHINOBHAVANTU

No comments:

Post a Comment